Jumat, 19 Februari 2010

lumba-lumba

Tahu kah kamu bahwa lumba-lumba bukanlah ikan??? Semua orang pasi sangat mengenali hewan yang satu ini, lucu, pintar, dan sangat bersahabat. Tapi tahu kah kamu jika lumba-lumba bukan ikan? Ia memang hidup didalam air namun ia bukan ikan, lumba-lumba adalah mamlia yang hidup di air, ia punya jenis lumba-lumba sekitar 30 sampai 40 species lumba-lumba, contohnya seperti tursiops truncatus atau lumba-lumba berhidung botol, lagenorynchus cruciger atau hourglass dolphinn yang warnanya hampir mirip dengan ikan paus, grampus griseus atau Risso’s Dolphin yang bentuknya seperti ikan pesut, stenella frontails atau Atlanic Spotted Dolphin, cephalorhynchus hectori atau Hector Dolphin yang warnanya hampir mirip dengan binatang Panda, dan masih banyak jenis lumba-lumba yang lainnya.
Walaupun mereka tinggal didalam air, lumba-lumba adalah mamalia dan bernafas dengan udara melalui lubang kecil yang ada diatas kepala mereka. Beberapa jenis lumba-lumba harus keluar dari permukaan air untuk bernafas setiap 20-30 detik dan jenis lainnya dapat berthan didalam air hingga 30 menit. Lumba-lumba adalah hewan yang mempunyai jiea sosial yang tinggi, suka bermain,dan pintar. Mereka tinggal didalam group yang biasanya disebur pods.
Lumba-lumba tidur dengan mengistirahatkan satu setengah dari otak mereka jadi salah satu mata mereka akan tetap terbuka saat mereka tidur. Hal ini juga untuk membuat mereka tetap dapat mengambil udara di atas permukaan air dan menjaga diri mereka dari predator. Bayi lumba-lumba disebut dengan calf, ibu lumba-lumba memproduksi susu yang sangat kaya akan lemak hingga diatas 50%. Betapa lucunya makhluk Tuhan yang satu ini, dan ternyata berenang bersama lumba-lumba merupakan salah satu terapi untuk menghilangkan stres, ataupun hanya dengan menonton mereka yang sedang bermain-main juga merupakan suatu obat terapi. Wooowww selain lucu dan pintar ternyata lumba-lumba juga mempunyai efek baik yang lainnya. Lumba-lumba juga disimbolkan sebagai lambang kesetiaan, karena mereka yang selalu bermain bersama kemanapun, dan sejauh apapun mereka selalu bersama-sama. Lihat saja dilaut yang luas jika ada kapal laut yang berlabuh pasti dia akan mengiri lajunya sang kapal sebagai penunujuk jalan dan mereka tidak sendiri. Itulah sebabnya kenapa saya sangat menyukai lumba-lumba, mungkin tidak hanya saya, ada ratusan atau ribiau orang lainnya yang menjadi DOLPHIN LOVERS ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar